Rabu, 09 Desember 2015

Cara Menulis Artikel yang Baik dan Berkualitas Untuk Sebuah Blog

Cara Menulis Artikel yang Baik dan Berkualitas Untuk Sebuah BlogKegiatan pokok seorang blogger yaitu membuat konten atau artikel singkat dan menarik dan bisa dibaca oleh semua orang, sangat mudah bukan? Akan tetapi terkadang ini bisa jadi tidak mudah, terkadang sebagian orang hanya menghabiskan waktunya untuk memikirkan sebuah konsep untuk membuat artikel,yang membuat dirinya sendiri menjadi jenuh.

Sebelum  membahas tips cara menulis artikel yang baik, ada baiknya kita sedikit membahas tentang gaya penulisan sebuah artikel. Ada jenis 2 gaya bahasa yang sering digunakan ketika menulis sebuah artikel , yaitu gaya jurnalistik dan gaya ringkasan.
Gaya jurnalistik langsung memberikan informasi utama pada bagian awal artikel dan informasi pendukung akan menyusul di bagian tengah atau akhir artikelnya.
Sedangkan gaya ringkasan mirip dengan gaya berita ringkas yang ditujukan pada pembaca yang mengharapkan informasi terperinci, dan pembaca dapat memutuskan apakah dia akan membaca rincian yang diberikan atau cukup hanya membaca ringkasan artikelnya saja.
Cara Menulis Artikel yang Baik dan Berkualitas Untuk Sebuah Blog

1. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti

Sudah sering sekali saya menemukan artikel blog yang isinya membuat saya pusing dan menga-nga karena artikelnya berbelit-belit dan terlalu panjang akan artikel yang di ulang ulang. pasti nya orang yang membaca di blog tersebut juga merasa tidak nyaman, dikarenakan gaya bahasanya yang tidak mudah dipahami.
Pastikan agar setiap artikel yang kita tulis di dalam blog dapat dibaca dan mudah dimengerti oleh orang lain dan tentunya dengan gaya bahasa yang sederhana. Karena itu diperlukan latihan yang berulang-ulang dalam membuat artikel yang baik dan akhirnya itu akan mengasah kemampuan menulis kita menjadi lebih baik.
Dan jangan sekali kali anda membuat artikel yang terlalu panjang dan berbelit belit karena pembaca tidak menyukai dengan hal tersebut.
2. Perbanyak membaca buku

Seorang penulis tidak mungkin bisa menghasilkan tulisan yang keren kalau dia sendiri jarang atau bahkan tidak pernah membaca tulisan orang lain, itu pasti. Sebagai contoh, misalnya seorang pemilik blog yang menulis tentang internet marketing di dalam blognya, tentu saja dia akan membutuhkan referensi yang baik untuk membuat artikelnya menjadi bermutu.
Selain untuk mendapat informasi, inspirasi, dan pengetahuan baru, membaca buku juga dapat membantu otak kita untuk berpikir secara logis dan sistematis. Jika kita sering membaca buku atau tulisan-tulisan yang bermutu maka lambat laun kita juga akan dapat menulis artikel atau buku yang mudah dibaca.
3. Memiliki gaya bahasa yang unik

Inilah salah satu faktor yang penting dalam menulis artikel,tapi kita tidak perlu terlalu terpaku pada hal ini karena dapat menghambat kreatifitas itu sendiri. Mulailah berlatih menulis dengan cara anda sendiri, tidak usah malu atau minder karena gaya tulisan kita berbeda dengan seorang penulis terkenal.
Apapun dan bagaimana pun gaya atau cara kita membuat sebuah tulisan yang terpenting di sini adalah bagaimana agar tulisan atau artikel tersebut memberikan informasi, relevan, dan mudah dicerna oleh si pembaca. Kita bisa membuat sebuah artikel yang sederhana untuk sebuah informasi yang memang sederhana, dan kita juga bisa membuat sebuah artikel dengan judul yang mengandung provokatif yang bisa menghentak pembaca anda.
4. Menulis artikel yang panjang
Salah satu yang menjadi pertimbangan sebuah artikel terlihat berkualitas adalah dengan seberapa panjang artikel yang di tulis. Akan tetapi jangan menulis artikel yang panjang tapi dengan kata yang berulang ulang. Artikel yang terlalu pendek tidak akan memberikan nilai SEO yang baik. Dan terkadang bisa dianggap spam oleh mesin pencari, sangat disayangkan bukan?
Namun sebaiknya anda tidak memakai kata kunci yang berlebihan untuk artikel yang anda buat, gunakanlah kata kunci sebanyak 3% itu saja sudah cukup.
5. Pemahaman artikel
Bagaimana bisa anda membuat artikel yang baik, tapi anda sendiri tidak memhami apa kandungan dari topik yang ingin anda tulis, maka sebaiknya pelajari terlebih dahulu artikel yang akan anda buat. Setelah anda menguasai baru anda memulai untuk menulis artikel tersebut. Dengan menguasai artikel yang anda buat tentu akan mempermudah anda dalam melakukan penerapan kata kata dan membuat artikel yang dapat di apresiasi oleh pembaca situs anda.
6. Menulis sampai tuntas
Pembaca akan sangat senang apabila artikel yang anda bahas di bahas dengan tuntas. Artikel tidak harus panjang, walaipun singkat tapi jelas itu akan di sukai pembaca, seperti kata Mattcuts : artikel yang berguna bagi pembaca adalah artikel yang membahas dengan tuntas tidak setengah setengah. Contoh ketika anda sedang mencari tentang permasalahan anda, dan ketika itu anda menemukan sebuah situs dan kemudian membacanya, tapi ternyata artikel tersebut tidak lengkap, dan tidak dapat memberikan penyelesaian masalah anda.

4 komentar: