Selasa, 24 November 2015

Cara Meningkatkan Trafik Blog atau Website Dengan Cepat

Cara meningkatkan trafik blog atau website - Trafik merupakan hal yang penting bagi blogger. Bahkan banyak orang yang menganggap bahwa trafik adalah nyawa dari sebuah blog. Trafik juga merupakan salah satu tolak ukur populer atau tidaknya suatu blog. Blog atau website yang tidak memiliki trafik tentu akan membuat penulisnya lama-lama menjadi bosan, karena merasa tidak mendapat apresiasi dari pengguna internet. Tapi bagaimana cara meningkatkan trafik blog?

Ada Banyak sekali tips dan trik untuk meningkatkan trafik blog yang tersebar di internet, kita hanya perlu memilih tips mana yang tepat buat blog kita. Sudah banyak sekali pakar SEO yang telah membagikan ilmunya tentang bagaimana cara meningkatkan kunjungan ke blog anda.Trafik itu hal yang sangat penting bagi sebuah blog atau website. Nah sekarang saatnya saya membahas bagaimana cara meningkatkan traffic blog atau website, terutama untuk blog yang masih baru.

Cara Meningkatkan Trafik Blog


1. Daftarkan Blog ke Search Engine

Pertama yang perlu dilakukan untuk menambah banyak visitor ke blog anda adalah dengan mensubmit blog ke berbagai search engine yang ada. Adapun tujuan mensubmit blog ke search engine adalah agar artikel yang ada di blog anda dapat terindeks oleh search engine. Dengan cara submit ke search engine berarti anda telah memasukkan blog anda di direktori search engine tersebut. Adapun beberapa search engine yang Sangat terpopuler adalah Google, Bing dan Yahoo!

2. Riset Keyword

Langkah kedua adalah memilih keyword yang akan anda jadikan target diblog anda. Pilihlah keyword yang banyak dicari orang lewat mesin pencari. Dengan kata kunci yang banyak dicari akan membuat blog anda banyak dikunjungi orang.dan inilah inti dari cara meningkatkan trafik blog. Optimasi SEO blog anda agar artikel yang anda tulis dapat menembus halaman pertama hasil pencarian Google. Menempatkan blog di posisi halaman pertama Google menjamin banyak pengunjung akan mengunjungi blog anda, namun hal itu sangat sulit dilakukan karena ribuan blogger lain juga melakukan hal yang sama.Jadi anda harus mampu bersaing dengan blogger lain.

3. Membuat Artikel Unik dan Menarik

Jika anda ingin trafik blog anda meningkat langkah yang harus anda lakukan dengan membuat artikel yg menarik dan unik,konten yang menarik tidak hanya harus original saja, tapi juga artikel yang banyak dicari pengguna internet. Terkadang ide untuk membuat sebuah artikel menarik tidak datang disetiap saat yang kita butuhkan. Maka dari itu setiap ide menarik yang bermunculan bisa anda tulis dibuku, atau bisa anda tulis di notepad. Namun jika anda seorang blogger yang punya banyak ide kreatif dan unik,anda pasti bisa membuat artikelnya diblog anda setiap saat. Google sangat menyukai blog yang mempunyai artikel unik dan menarik serta, artikel original (tidak hasil copas).

Baca Juga : Tips Agar Membuat Artikel Cepat terindex Google 

4. Melakukan Optimasi SEO

Langkah ke empat setelah anda membuat artikel yang unik dan menarik, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah optimasi SEO. Optimasi SEO sangat penting dilakukan untuk meningkatkan traffic blog atau website. Artikel yang bagus dan menarik saja tidak cukup, bila tidak muncul di halaman pertama Google .akan sangat sulit ditemukan orang lain. Tulisan yang bagus tapi tidak dioptimasi SEO-nya dengan baik akan kalah oleh artikel biasa-biasa saja namun optimasi SEOnya sangat bagus. Jadi anda harus lakukan yang terbaik untuk mengoptimasi SEO blog anda.

5. Rajin Update Artikel

Semakin rajin anda menulis artikel di blog anda, maka semakin besar pula kemungkinan anda untuk meningkatkan traffic pada blog anda. Blog yang sering di-update akan membuat Google Bot rutin berkunjung dan men-crawl halaman pada blog anda. Bukan itu saja, semakin banyaknya tulisan juga semakin memperbanyak keyword yang akhirnya akan berimbas pada meningkatnya trafik blog atau website anda.

6. Manfaatkan Sosial Media

Di jaman sekarang ini siapa sih yang tidak mengenal social media? Hampir semua orang mempunyai akun Facebook dan Twitter. Sebagai seorang blogger anda juga harus memiliki akun di dua jejaring sosial terbesar di dunia tersebut. Facebook sudah memiliki lebih dari 1 milyar pengguna, bila ada 0,000001 saja dari pengguna Facebook yang mengunjungi blog anda. Twitter juga saat ini sedang booming, anda juga harus memanfaatkan Twitter untuk mendapatkan banyak trafik dan usahakan tweet anda mendapatkan banyak retweet agar makin banyak orang yang akan berkunjung ke blog anda.

7. Manfaatkan bookmark

Selain social media, anda juga bisa memanfaatkan juga situs social bookmark untuk meningkatkan trafik blog anda. Jangan ragu untuk submit artikel ke berbagai social bookmark yang ada. Keuntungan submit artikel di social bookmarking selain mendapat kunjungan dari sesama pengguna internet,anda juga bisa mendapat backlink berkualitas dari situs social bookmarking tersebut.

8. Manfaatkan Forum Online

Forum online merupakan tempat dimana mayorias orang berkumpul dan berbagi info serta berita terbaru. Nah jika anda ingin meningkatkan kunjungan ke blog anda secara drastis, usahakan anda juga ikut berpartisipasi dalam forum-forum online. Di Indonesia forum online terbaik untuk share artikel adalah Kaskus, Indowebster, dan Kompas Forum. Dan masih banyak forum-forum lainnya.

9. BlogWalking

Sebenarnya terbilang cukup kuno dan jadul tapi tetap sangat signifikan untuk membantu blog anda untuk mendapatkan banyak trafik. Beberapa alasan blogwalking masih sering dilakukan oleh para blogger ialah dapat meningkatkan tali silaturahmi diantara para blogger, juga dapat meningkatkan trafik blog atau website. Biasanya blogger yang blognya dikunjungi akan balas berkunjung. Nah kunjungan balasan inilah yang akan membantu meningkatkan traffic blog / website kita. 

10. Kecepatan Loading Blog

Kecepatan loading blog cukup krusial untuk meningkatkan trafik blog. Sebab blog yang loadingnya lama besar kemungkinan orang untuk meng-close halaman yang tidak kunjung selesai loadingnya.karena mereka bosan menunggu.Jadi usahakan blog anda loadingnya dipercepat. Saya pun terus berusaha untuk mempercepat blog saya. pitainfo.blogspot.co.id

11. Guest Blogging

Guest blogging adalah kegiatan diaman anda menulis postingan di blog orang lain. Atau bisa juga orang lain yang menulis di blog anda. Metode ini cukup populer di kalangan blogger karena dapat meningkatkan trafik website secara drastis. Bila anda menulis di blog orang lain yang cukup populer, pembaca setia blog tersebut akan mengunjungi blog anda. Sebab mereka akan penasaran dengan siapa sosok di balik tulisan tersebut dan untuk membuktikan apa yang anda tuliskan. 

12. Komentar

Selain trafik yang tinggi, indikasi blog yang populer adalah banyaknya jumlah komentar yang ada di blog tersebut. Khusus untuk pengguna blogspot, usahakan kotak komentar anda bisa diisi oleh 'semua orang'. Karena bila hanya melalui akun Google orang biasanya orang malas berkomentar. Apalagi banyak blogger yang terlalu banyak notifikasi dan aturan untuk berkomentar, biarlah orang berkomentar apa adanya. Berdasarkan pendapat master SEO dunia. komentar dapat meningkatkan SEO artikel di blog.

13. Blog Dofollow

Khusus untuk tips yang ini, saya tidak menyarankan anda merubah blog anda menjadi blog dofollow untuk eningkatkan trafik blog. Seperti yang telah jamak diketahui, blog dofollow tidak disukai Google, sebab blog tersebut menyebabkan banyak sekali link keluar sehingga membuat inbound link dan outbound link tidak seimbang. Tapi imbas lain, blog dofollow memiliki trafik yang tinggi karena dicari-cari oleh blogger lain yang ingin mendapat backlink. 

14. Manfaatkan Situs Tanya Jawab

Khusus untuk tips yang ini, saya tidak menyarankan anda merubah blog anda menjadi blog dofollow untuk eningkatkan trafik blog. Seperti yang telah jamak diketahui, blog dofollow tidak disukai Google, sebab blog tersebut menyebabkan banyak sekali link keluar sehingga membuat inbound link dan outbound link tidak seimbang. Tapi imbas lain, blog dofollow memiliki trafik yang tinggi karena dicari-cari oleh blogger lain yang ingin mendapat backlink.



12 komentar:

  1. Wahh Banyak juga yah caranya,, akan saya coba,, blog saya masih baru semoga aja jadi rame pengunjung ke blog saya

    BalasHapus
  2. Terimah kasih gan infonya sangat membantu, semoga blog saya jadi ramai :D

    BalasHapus
  3. semua udah dicoba gan (y)
    yang malas dilakuin cuma maen-maen ke forum hehe

    BalasHapus
  4. perlu dipraktekin ilmunya....

    by dedi mekanikmitsubishi

    BalasHapus
  5. Langsung dipraktekin.. sngat brmnfaat untuk newbie seperti sya..

    BalasHapus
  6. kalo jadiin blog dofollow termasuk sulit gan

    BalasHapus
  7. nah ini mau coba satu demi satu gan :D moga berhasil

    BalasHapus
  8. perlu ni bagi newbie kya saya thank gan

    BalasHapus
  9. makasih banyak gan atas pencerahannya

    BalasHapus
  10. Nice gan artikel x bisa dijadikan pedoman buat naikin trafik biar cepet disetujui adsense

    BalasHapus